Powered by Blogger.

Jabulani : Bola Resmi Piala Dunia 2010

Jabulani : Bola Resmi Piala Dunia 2010

Sebelum semua mata tertuju ke benua hitam itu. Bertempat di Djakarta Theatre, Jakarta, Jumat (4/12), adidas sebagai sponsor dan partner resmi Piala Dunia 2010 telah meluncurkan bola yang akan digunakan selama Piala Dunia.

Selain itu diperkenalkan pula jersey resmi yang akan dipergunakan oleh sejumlah negara peserta. Lima seragam dari Jerman, Spanyol, Argentina, Prancis dan tuan rumah Afrika Selatan juga diluncurkan. Peluncuran ini bersamaan dengan undian grup Piala Dunia 2010 yang diadakan di Cape Town.

"Untuk pertama kalinya adidas Indonesia mempersembahkan bola resmi dan kaos tim untuk Piala Dunia 2010. Bola resmi ini merupakan ikon dan bagian dari sejarah baru Piala Dunia," kata Monica Ang, brand manager adidas Indonesia.

Perusahaan aparel asal Jerman itu selalu mengeluarkan bola baru dengan desain yang baru pula untuk setiap Piala Dunia. Untuk tahun depan bola yang digunakn diberi nama Jabulani. Nama Jabulani diambil dari bahasa Bantu, salah satu dari sebelas bahasa resmi yang terdapat di Afrika Selatan. Secara harafiah Jabulani diartikan sebagai "untuk merayakan".

Jabulani dikembangkan dengan teknologi mutakhir dan disempurnakan dengan desain unik yang terinspirasi dari Afrika Selatan. Bola ini memiliki sejarah tersendiri bagi adidas. Jabulani merupakan bola kesebelas yang dikeluarkan adidas untuk Piala Dunia dan pada desain terdapat sebelas warna berbeda.

"Sebelas warna itu melambangkan sebelas pemain dalam sebuah tim, sebelas bahasa resmi dan sebelas suku yang ada di Afsel sehingga menjadikan negera tersebut sebagai salah satu negera dengan etnis terbanyak di benua Afrika," jelas Monica.

Demi memenuhi standar kenyamanan terbaik, adidas menggunakan teknolgi modern. Teknologi "grip n groove" dapat membuat bola tersebut melesat dengan baik dan mudah meluncur dalam berbagai kondisi. Pada bagian dalam bola jabulani ini terdapat delapan 3-D yang melingkari bola dengan harmonis agar menghasilkan bola yang lebih bulat sempurna.

Selain itu, sejak diperkenalkannya permukaan “goose bumps” pada bola yang digunakan pada Piala Euro yang lalu, teknologi facelift yang lebih terlihat diaplikasikan pada mikro tekstur kulit luar bola terbaru ini. Jabulani memiliki tekstur mutakhir dengan cengkraman yang lebih mantap, memungkinkan para pemain untuk memiliki kontrol penuh terhadap bola dalam kondisi cuaca apapun.

Dengan dukungan dari bola dan jersey terbaik maka dipastikan pesta sepakbola empat tahunan itu akan berlangsung dengan meriah. Jabulani akan menjadi bagian dari sejarah Piala Dunia.

Source : Goal.com

2 comments: