Powered by Blogger.

Serba-Serbi Piala Dunia FIFA Tahun 1986 (Tuan Rumah Mexico)

Serba-Serbi Piala Dunia FIFA Tahun 1986 (Tuan Rumah Mexico)

Piala Dunia FIFA tahun 1986 ini merupakan Piala Dunia Fifa ke-13, dimana negara Mexico menjadi tuan rumah setelah menggantikan Kolombia yang mundur menjadi Tuan rumah dikarenakan masalah finansial, Mexico menyingkirkan Swedia dan Amerika dalam perebutan menjadi tuan rumah Piala Dunia 1986 ini dan ini merupakan Piala Dunia ke-2 yang digelar di Mexico setalah pada tahun 1970. Turnamen ini berlangsung 31 Mei 1986 s/d 29 Juni 1986 diikuti oleh 24 negara.

Padahal kurang dari setahnu sebelum menjelang Turnamaen Piala Dunia ini, Mexico mengalami bencana alam yang dahsyat, Mexico di hantam oleh Gempa Raksasa yang menewaskan kurang lebih 30.000 orang. Hal ini hampir saja membuat Mexico batal menjadi tuan rumah, tetapi karena stadion tempat berlangsungnya pertandingan masih utuh, akhirnya FIFA memutuskan Mexico tetap menjadi Tuan Rumah Piala Dunia Tahun 1986.

Format Turnamen ini tidak jauh berbeda dengan Piala Dunia Spanyol 1982, ke-24 tim finalis dibagi dalam enam grup. Perbedaannya hanya pada putaran kedua, yang diikuti 16 tim dengan menggunakan sistem gugur.

Belajar dari kasus Jerman dan Austria yang merugikan Aljazair empat tahun sebelumnya (Piala Dunia 1982 - Spanyol) maka partai terakhir penyisihan grup dimainkan secara bersamaan.

Piala Dunia Tahun 1986 ini identik dengan Lengenda Argentina Diego Armando Maradona. Sejak tahun 1970 waktu itu adalah pemain Brazil Pele, yang mampu membawa Negaranya menjuarai turnamen ini, hal ini juga sama dialami oleh Diego Armando Maradona. Akhirnya di Turnamen ini Maradona yang kemudian terpilih sebagai The Player of the Tournament.

Bermain di Amerika Selatan yang notabene berudara tipis, maka tim tim Amerika Selatan seperti Brazil sangat diunggulkan memenangi Piala Dunia ini, saat itu Brazil diperkuat oleh Zico, Falcao, Eder, Socrates.

Dari daratan Eropa, Perancis Juara Piala Eropa tahun 1984 sangat diunggulkan, pada saat itu les blues di perkuat oleh pemain legendanya Michel Platini, Alain Giresse, Jean Tigana, dan Louis Fernandez yang dianggap sebagai tim dengan lapangan tengah atau gelandang paling solid.

Bintang Piala Dunia 1986 ini adalah Lengenda hidup Argentina Diego Armando Maradona, melewati hadangan Korea Selatan, Italy dan Bulgaria di babak penyisihan, Argentina terus melaju dan di Piala Dunia 1986 ini juga lahir gol gol kontroversial dan Spektakuler dari Maradona, setelah melakukan gol mengunakan tangan yang dikenal sebagai “Tangan Tuhan” Diego Armando Maradona menjawab dengan gol kedua yang spektakuler dengan melewati 5 hadangan pemain Inggris termasuk Kiper, yang membawakan Argentina menang dengan skor 2-1.

Di final Argentina bertemu dengan Jerman Barat, Argentina pada waktu itu dilatih oleh pelatih : Carlos Bilardo dan Jerman barat di latih oleh : 'Die Kaizer' Franz Beckenbauer, final berlangsung pada tanggal 29 Juli 1986 di Stadion Azteca, Franz Beckenbauer menugasi Lothar Matthaeus untuk menghalangi gerakan Maradona. Meski tak mencetak gol, dari kaki Maradona lah tiga gol Argentina tercipta.

Bek Argentina, James Brown, mencetak gol pertama memanfaatkan kesalahan kiper Jerman, Harald Shumacher. Pada menit ke-55, Jorge Valdano menambah keunggulan Argentina.

Tim Panser sempat bangkit. Karl-Heinz Rummenigge dan Rudi Voller mencetak gol pada menit ke-74 dan 80. Kedudukan menjadi 2-2. Tapi berkat umpan Maradona, Jorge Burruchaga mampu mencetak gol tujuh menit menjelang bubaran. Argentina menang 3-2 dan membawa trofi juara untuk kedua kalinya.

Informasi Turnamen
Tuan rumah : Meksiko
Tim peserta : 24 (dari 5 konfederasi)

Hasil Turnamen
Juara : Argentina (gelar ke-2)

Statistik Turnamen
Jumlah pertandingan : 52
Jumlah gol : 132 (2.54 per pertandingan)
Jumlah penonton : 2.393.331 (46.026 per pertandingan)
Pencetak gol terbanyak : Gary Lineker (6 gol)

2 comments:

  1. Sepak bola..wow ditunggu nih moment world cup di south africa. Bakal sering ga tidur sampe pagi nih.. favorite juara: Belanda, Brazil, Inggris..

    Greetings,

    Bali Villa

    ReplyDelete