Powered by Blogger.

Serba-Serbi Piala Dunia FIFA Tahun 1982 (Tuan Rumah Spanyol)

Serba-Serbi Piala Dunia FIFA Tahun 1982 (Tuan Rumah Spanyol)

Piala Dunia FIFA tahun 1982 ini merupakan Piala Dunia Fifa ke-12, dimana negara Spanyol menjadi tuan rumah. Turnamen ini berlangsung hampir selama 1 bulan (13 Juni 1982 s/d 11 Juli 1982).

Dimana pada tahun ini Piala Dunia pertama kali mengikut sertakan 24 negara dari 6 konfederasi, setelah sebelumnya hanya diikuti oleh 16 negara dalam setiap turnamen.

Spanyol dipilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 1982 oleh Fifa pada tahun 1966 tepatnya bulan Juli. Piala Dunia tahun 1982 dimenangkan oleh negara Italy yang mengalahkan Jerman Barat dengan skor yang cukup meyakinkan yaitu 3-1 di final.

Dengan ini Italy dinyatakan sebagai negara tersukses meraih gelar juara dunia bersama brazil, sebelumnya Italy pernah menjuarai 2 kali secara berturut pada Piala Dunia pada tahun 1934 dan 1938. Piala Dunia tahun 1982 ini juga di beritakan sebagai Piala Dunia paling menarik dan seru kedua, setelah Piala Dunia tahun 1970 yang legendaris.

Maskot Resmi dari Piala Dunia ini adalah Naranjito, sebuah jeruk, sebuah buah khas di Spanyol, memakai seragam dari tim nasional tuan rumah. Namanya datang dari naranja, bahasa Spanyol untuk jeruk, dan akhiran kecil "-ito".

Dalam memenangi turnamen ini Italy harus mengalahkan Argentina, Brazil dan Jerman barat , yang akhirnya Italy dapat membuktikan diri sebagai yang terhebat. Dari peserta negara Irlandia Utara, pemain bernama Norman Whiteside berposisi sebagai penyerang muncul sebagai pemain termuda dalam sejarah Piala Dunia FIFA, Usia Norman Whiteside hanya 17 tahun 41 hari.

Anehnya turnamen piala dunia 1982 ini adalah Italy yang sebagai juara dunia piala dunia 1982 ini menjadi tim pertama yang melaju dari babak pertama tanpa memenangi satu pertandingan pun, semua pertandingan dilalui dengan hasil (Kamerun tereliminasi walau menjalani hal yang sama dengan italy).

Aljazair menjadi tim Afrika pertama untuk mengalahkan sebuah tim Eropa di Piala Dunia (mengalahkan Jerman Barat 2 – 1 di babak pertama penyisihan grup). László Kiss dari Hungaria adalah pemain pengganti pertama untuk mencetak hat-trick di sebuah pertandingan Piala Dunia FIFA.

Antonio Cabrini dari Italia adalah pemain pertama yang gagal melakukan eksekusi penalti di pertandingan final Piala Dunia FIFA. Ini juga merupakan yang pertama kali bahwa harus dilakukan Adu Penalty pada pertandingan Semi-final dimana waktu itu pertandingan semi-final antar Jerman Barat dan Perancis berakhir imbang 3-3 setelah melalui perpanjangan waktu yang akhirny penalty di menangkan oleh Jerman barat dengan mengalahkana Perancis dengan Skor 5-4.

Hasil dan Penghargaan Piala Dunia tahun 1982
Juara Dunia : Italy
Posisi Ke-2 : Jerman Barat
Posisi Ke-3 Dan Ke-4 : Polandia – Perancis

Bola Emas Adidas
Posisi Pertama : Paolo Rossi (Italy)
Posisi Ke-dua : Falcao (Brazil)
Posisi Ke-tiga : Karl-Heinz Rummenigge (Jerman Barat)

Sepatu Emas adidas
Posisi Pertama : Paolo Rossi (Italy)
Posisi Ke-dua : Karl-Heinz Rummenigge (Jerman Barat)
Posisi Ke-tiga : Zico (Brazil)

Penghargaan Fair Play FIFA
Posisi Pertama : Negara Brasil

Daftar Pencetak Gol
6 Gol : Paolo Rossi (Italy)
5 Gol : Karl-Heinz Rummenigge (Jerman Brat)
4 Gol : Zico (Brazil), Zbigniew Boniek (Polandia)
3 Gol : Falcão (Brazil), Alain Giresse (Perancis), László Kiss (Hongaria), Gerry Armstrong (Spanyol).

Statistik Turnamen
Jumlah pertandingan : 52
Jumlah gol : 146 (2.81 per pertandingan)
Jumlah penonton : 2.109.723 (40.572 per pertandingan)
Pencetak gol terbanyak : Paolo Rossi (6 gol) - Italy
Kartu Kuning : 95 (1.83 per pertandingan)
Kartu Merah : 5 (0.1 per pertandingan)

0 comments:

Post a Comment